Home Syariah Bijaksana Tips Untuk Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Tips Untuk Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan Print E-mail

Tips Untuk Mengajukan Klaim Asuransi KesehatanMungkin Anda sering mendengar keluhan di koran atau kolom suara pembaca melalui media online mengenai perusahaan asuransi yang tidak menepati janji karena menolak pengajuan klaim nasabah atau lamanya waktu proses klaim asuransi kesehatan. Namun sebagian besar masalah penolakan klaim ini terjadi hanya karena kesalahpahaman dalam memahami prosedur klaim asuransi. Tanpa melakukan klaim dengan benar, sudah pasti proses klaim akan berbelit-belit dan bahkan mungkin ditolak. Untuk itu, sebelum Anda mengajukan klaim sebaiknya Anda pelajari dahulu segala ketentuan mengenai manfaat polis yang diberikan. Tips berikut ini dapat membantu Anda dalam permohonan klaim asuransi agar proses klaim dapat lebih cepat selesai.

Tips Untuk Mengajukan Klaim Asuransi KesehatanLangkah awal dalam mengajukan klaim adalah memiliki resit pembayaran. Pastikan resit sudah terlampir dengan perincian masing-masing biaya perawatan dan lain-lain, sehingga perusahaan asuransi kesehatan dapat dengan cepat menghitung total biaya yang akan dikembalikan kepada Anda berdasarkan jenis coverage yang Anda terima. Pastikan Anda membuat salinan atau fotokopi dari setiap dokumen yang akan Anda berikan kepada perusahaan asuransi sebagai bukti apabila terjadi perselisihan di kemudian hari.

Setelah semua dokumen dan resit sudah lengkap, Anda perlu mengisi formulir klaim. Hubungi perusahaan asuransi kesehatan Anda atau lihat melalui website perusahaan tersebut, untuk memastikan Anda mengisi formulir yang benar. Isi formulir dengan rapi dan berikan informasi seakurat mungkin. formulir klaim biasanya menjelaskan dokumen apa yang diperlukan untuk permohonan klaim asuransi kesehatan Anda. Periksa kembali formulir Anda untuk memastikan tidak ada yang salah isi dan lampiran dokumen sudah lengkap. Informasi yang salah merupakan penyebab yang paling umum dalam keterlambatan atau kesalahan klaim. Bila informasi yang Anda berikan tidak sesuai, perusahaan asuransi kesehatan membutuhkan waktu tambahan untuk menghubungi Anda, alhasil pembayaran juga harus tertunda.

Setelah Anda mengirim formulir asuransi kesehatan Anda beserta dokumen yang diperlukan, hubungi pihak asuransi untuk mengkonfirmasikan pengiriminan formulir dan dokumen Anda. Jelaskan kepada pihak asuransi jenis dokumen yang telah Anda kirimkan dan pastikan apakah masih ada dokumen yang kurang. Jangan lupa menanyakan berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproses klaim Anda, agar Anda tahu kapan Anda harus menghubungi kembali.

Lakukan klaim asuransi secepatnya. Umumnya perusahaan asuransi kesehatan memberikan tenggang waktu bagi Anda untuk melakukan klaim. Jadi, pastikan Anda tidak melewati tenggang waktu yang diberikan oleh perusahaan asuransi kesehatan dalam mengklaim asuransi kesehatan Anda.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai klaim asuransi kesehatan Allianz Indonesia, silakan kunjungi http://www.allianz.co.id/AZLIFE/Indonesian/Service/Customer+Center/Prosedur+Klaim


Di tulis oleh Lanny Novianti pada tanggal 19 Mei 2012 di bagian Klaim Jiwa & Kesehatan
Lanny Novianti - Lulusan sekolah medis dari Universitas Atmajaya, Jakarta tahun 1988 dan memulai karir sebagai Praktisi Umum di sebuah rumah sakit swasta. Dengan berbekal pengalaman lebih dari 11 tahun di bidang asuransi dan keuangan termasuk underwriting, klaim, pengembangan bisnis, pengembangan produk, employee benefits serta mengikuti pelatihan di berbagai negara seperti Taiwan, Malaysia dan USA, telah mengangkat karirnya dengan menduduki posisi strategis sebagai Head of Claims Management di Allianz Indonesia.
 
Sumber: 1saran.com
{jcomments on}
 

Sponsor Anda

Contact now

Our Services


www.yoursite.com
Asuransi Syariah Indonesia Terbaik