Home Syariah Bijaksana Mengapa Anda Membutuhkan Asuransi Jiwa?
Mengapa Anda Membutuhkan Asuransi Jiwa? Print E-mail

Mengapa Anda Membutuhkan Asuransi Jiwa?Asuransi jiwa secara umum merupakan polis asuransi yang akan memberikan manfaat berupa dana kepada keluarga yang ditunjuk oleh pemilik asuransi jiwa apabila si pemilik polis meninggal dunia. Jadi tujuan utama asuransi jiwa adalah untuk melindungi keluarga pemegang polis apabila terjadi musibah kematian pada pemegang polis. Dengan demikian keluarga yang ditinggalkan masih memiliki nafkah dan biaya hidup.

Mengapa Anda Membutuhkan Asuransi Jiwa?Setiap keluarga membutuhkan jaminan masa depan keuangan yang memadai, terutama bila Anda adalah satu-satunya pemberi nafkah untuk keluarga. Untuk itu, sebagai perlindungan agar keluarga Anda terjamin di masa depan, Anda membeli polis asuransi jiwa untuk memenuhi tujuan tersebut.

Perlu kita sadari apa yang akan terjadi bila seorang kepala keluarga tiba-tiba meninggal dunia. Ini berarti pendapatan keluarga akan berkurang atau tidak ada sama sekali. Lalu bagaimana dengan pembayaran KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau pinjaman lain dan kartu kredit yang harus dilunasi? Dengan adanya asuransi jiwa, keluarga Anda akan menerima santunan yang dapat digunakan untuk melunasi pinjaman tersebut.

Jadi, seberapa besar asuransi jiwa yang layak kita miliki? Sebenarnya tidak ada aturan yang baku untuk kebutuhan asuransi jiwa yang harus Anda miliki. Seorang yang belum berkeluarga misalnya, mungkin tidak perlu membeli polis asuransi jiwa yang nilainya sebesar seorang yang sudah berkeluarga. Namun jika ada anggota keluarga yang bergantung pada pendapatan Anda, mungkin Anda  perlu membeli polis asuransi yang cukup untuk menggantikan penghasilan Anda kelak.

Oleh karena itu, sebelum menentukan berapa jumlah polis asuransi yang Anda beli, pertimbangkan hal-hal berikut:

  • Jumlah hutang seperti KPR atau pinjaman lain yang harus Anda bayar.
  • Jika Anda memiliki anak, Anda harus mempertimbangkan kelanjutan pendidikan anak Anda hingga perguruan tinggi.
  • Anda memiliki anggota keluarga yang cacat atau membutuhkan perawatan medis rutin.

Anda perlu menyesuaikan nilai pertanggungan asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagaimanapun, lebih baik Anda memberikan perlindungan yang berlebih daripada kekurangan di kemudian hari. Bagaimanapun, kelebihan tersebut tetap akan kembali kepada keluarga Anda tercinta.


Di tulis oleh Didin Komara pada tanggal 08 Mei 2012 di bagian Asuransi Jiwa
Didin Komara - Memiliki gelar Sarjana dari Fakultas Ekonomi - Manajemen serta berpengalaman lebih dari 10 tahun di berbagai industri asuransi dalam bidang Administrasi Klaim, Customer Retention, Sales Recruitment, Marketing Supports untuk Keagenan maupun Bancassurance, Penelitian dan Strategi Pemasaran serta Pengembangan dan Training Produk.

Sumber: 1saran.com

 

Sponsor Anda

Contact now

Our Services


www.yoursite.com
Asuransi Syariah Indonesia Terbaik