Home Syariah Bijaksana Tips Mengatur Keuangan Anda
Tips Mengatur Keuangan Anda Print E-mail

Tips Mengatur Keuangan AndaDi zaman modern ini, manusia tidak terlepas dari masalah keuangan. Sering sekali ditemukan orang yang dengan memiliki hutang melebihi gaji mereka setiap bulannya. Penawaran kartu kredit yang menggiurkan membuat sebagian orang lengah dan pada akhirnya terjerat oleh hutang yang tidak ada habisnya. Hutang yang menumpuk membuat pengaturan keuangan mereka menjadi kacau dan akhirnya mereka terjebak ke dalam krisis ekonomi yang berdampak pada kehidupan mereka.

Tips Mengatur Keuangan AndaUntuk itu kita perlu memiliki perencanaan yang baik dan kedisiplinan dalam mengatur keuangan kita. Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan, mungkin tips ini dapat membantu Anda.

Jangan Membeli Barang yang Harganya Melampaui Kemampuan Anda
Berapapun uang yang Anda hasilkan dari keringat Anda, semua itu tidak akan cukup bila Anda terbiasa berbelanja besar-besaran setiap menerima gaji. Mulailah dengan mengurangi beberapa belanjaan yang tidak begitu diperlukan, karena lebih mudah untuk mengurangi sedikit pengeluaran daripada menabung banyak sekaligus. Dengan mengurangi sedikit demi sedikit pengeluaran Anda untuk berbelanja, lama-lama hasil yang ditabung akan bertambah.

Siapkan Dana Darurat
Manusia tidak dapat memperkirakan kapan kejadian buruk akan menimpa. Musibah seperti sakit atau kecelakaan dapat saja terjadi setiap saat. Tanpa persiapan, akhirnya semua pengaturan keuangan kita jadi kacau saat masalah darurat tersebut datang. Untuk itu, kita perlu menyisihkan pendapatan kita untuk persiapan di saat darurat. Anda juga dapat menyisihkan dana darurat ke dalam bentuk asuransi jiwa. Dengan demikian, Anda lebih terproteksi saat musibah menimpa.

Membuat Anggaran
Membuat anggaran belanja merupakan satu kewajiban dalam mengatur keuangan. Dengan membuat anggaran, Anda dapat melacak kemana Anda menggunakan uang Anda. Gunakan anggaran belanja untuk mengatur berapa uang yang harus Anda sisihkan untuk keadaan darurat dan tujuan jangka panjang Anda, lalu sesuaikan dengan pengeluaran bulanan dan harian. Mulailah berdisiplin untuk tetap mengacu pada anggaran Anda saat mengeluarkan uang.

Segera Lunasi Hutang-hutang Anda
Satu hal yang menjadi hambatan masyarakat modern dalam mengatur keuangan adalah tagihan kartu kredit. Memang kartu kredit ada manfaatnya di saat darurat, namun terkadang orang lalai dalam penggunaannya karena tergiur oleh promo dan diskon yang ditawarkan oleh penerbit kartu kredit. Akibatnya dengan hutang yang berbunga, tanpa disadari mereka telah membeli barang yang melampaui harga tunai. Oleh karena itu, melunasi hutang kartu kredit adalah mutlak. Usahakan sebisa mungkin untuk melunasi hutang kartu kredit Anda terlebih dahulu sebelum merencanakan tujuan jangka panjang Anda.

Sisihkan Anggaran untuk Dana Pensiun
Saat ini terdapat berbagai tabungan untuk masa pensiun Anda. Ada beberapa perusahaan asuransi yang menggabungkan asuransi jiwa dan tabungan masa pensiun. Dengan adanya dana pensiun, Anda telah memberikan jaminan kesinambungan penghasilan saat Anda memasuki usia pensiun.

Inti dari sukses tidaknya mengatur keuangan Anda adalah pendisplinan diri dalam pengeluaran. Dengan adanya disiplin, mengatur keuangan akan menjadi kebiasaan yang akhirnya berbuah manis untuk Anda kelak.


Di tulis oleh Kamarul Mochtar pada tanggal 02 Mei 2012 di bagian Perencanaan Keuangan
Kamarul Mochtar - Merupakan Sarjana Ekonomi lulusan Universitas Indonesia tahun 1996, Kamarul Zaman adalah Manajer Pengembangan Bisnis di Bancassurance & Alternative Distribution Allianz Life Indonesia sejak February 2008. Berpengalaman lebih dari 12 tahun di industri asuransi bidang Employee Benefits, Komunikasi Perusahaan, Distribusi Alternatif serta sebagai Perencana Keuangan Independen. Merupakan Profesional FLMI, ACS dan AIAA dalam asuransi jiwa dari Fellow Life Management Institute serta Certified Financial Planner sejak tahun 2007. Disamping itu, juga sedang dalam proses menjadi Certified Wealth Manager Program di Certified Wealth Manager Association Indonesia.

Sumber: 1Saran.com{jcomments on}

 

Sponsor Anda

Contact now

Our Services


www.yoursite.com
Asuransi Syariah Indonesia Terbaik