Home Syariah Bijaksana Mengenal Jenis-jenis Investasi
Mengenal Jenis-jenis Investasi Print E-mail

Mengenal Jenis-Jenis InvestasiInvestasi merupakan istilah di dunia keuangan dan ekonomi yang berkaitan dengan penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan, atau umumnya disebut penanaman modal. Dengan menanamkan modal ke dalam satu instansi atau proyek tertentu, penanam modal atau investor mengeluarkan sejumlah uang dan mengharapkan uang tersebut dikembalikan dengan nilai yang lebih tinggi di masa depan.

Mengenal Jenis-Jenis InvestasiPerlu kita sadari bahwa investasi juga tidak terlepas dari resiko, dan kerugian mungkin saja terjadi. Untuk itu sebelum melakukan investasi sebaiknya kita mengenal jenis-jenis investasi sehingga kita dapat menentukan investasi jenis apa yang sesuai dengan kondisi ekonomi kita.

Tabungan Bank
Ini adalah salah satu investasi yang relatif aman dengan resiko yang sangat minim, dan uang yang kita tabungkan dapat ditarik setiap saat. Namun demikian tingkat keuntungan yang kita terima dalam bentuk bunga sangat kecil.

Deposito
Deposito merupakan suatu  bentuk investasi berjangka yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu yang ditentukan dalam perjanjian antara nasabah dengan bank. Deposito lebih menguntungkan daripada menabung, karena bunga yang diberikan lebih tinggi daripada bunga tabungan. Namun berbeda dengan tabungan, uang yang di depositokan tidak dapat ditarik hingga batas waktu tertentu.

Obligasi
Obligasi adalah surat hutang atau sertifikat yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan dana berupa kontrak pengakuan hutang kepada investor yang memberikan pinjaman. Penanaman modal dilakukan dengan cara membeli obligasi tersebut, dan dalam tempo yang telah ditentukan perusahaan penerbit obligasi akan mengembalikan hutangnya kepada pemegang obligasi beserta besaran bunga dan laba yang tertulis di dalam obligasi. Tentu saja obligasi memberikan keuntungan yang lebih besar daripada deposito, namun penanaman modal awal juga relatif lebih besar.  Resiko dari obligasi ini timbul bila perusahaan penerbit obligasi belum membayarkan hutangnya setelah jatuh tempo, sehingga nilai hutang akan semakin besar.

Saham
Saham juga diterbitkan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan dana. Namun berbeda dengan obligasi, saham bukan merupakan surat pernyataan hutang melainkan surat kepemilikan, sehingga perusahaan yang menerbitkan saham tersebut tidak memberikan jaminan keuntungan kepada pemegang saham. Modal yang kita keluarkan untuk membeli saham tidak dapat ditarik kembali, namun dapat diperjualbelikan. Nilai saham dapat berfluktuasi setiap saat, sehingga untung-rugi penjualan saham sangat bergantung pada fluktuasi nilai saham saat itu. Satu lagi keuntungan yang dapat kita terima dari saham adalah penerimaan dividen (pembagian hasil usaha) dari perusahaan penerbit saham, dengan catatan apabila perusahaan memperoleh keuntungan.

Reksa Dana
Reksa dana merupakan suatu bentuk investasi yang menghimpun dana dari sekumpulan masyarakat yang ingin menanamkan modal. Modal yang ditanamkan melalui perusahaan reksa dana tersebut akan dikelola oleh manajemen investasi sesuai dengan tujuan investasi yang telah ditentukan. Karena reksa dana merupakan investasi bersama, modal untuk investasi juga tergolong kecil, namun gabungan dari investasi tersebut menciptakan daya beli yang jauh lebih besar. Reksa dana juga memiliki resiko penurunan nilai unit penyertaannya dan bahkan likuiditas apabila tidak memiliki kecukupan dana tunai untuk membeli kembali unit penyertaan investornya. Namun reksa dana merupakan investasi yang relatif aman bagi Anda yang ingin menanamkan modal dalam jumlah yang tidak besar.

Dana Pensiun
Saat ini terdapat berbagai program investasi dana pensiun dari perusahaan asuransi di Indonesia yang dipadukan ke dalam produk-produk utamanya. Anda menginvestasikan dana Anda pada perusahaan asuransi hingga waktu tertentu, dan setelah masa pensiun Anda akan menerima modal dan keuntungan yang Anda investasikan berdasarkan pengembangan dari pihak perusahaan asuransi tersebut. Walaupun bunga yang diterima tidak besar, program dana pensiun lebih merupakan jaminan hari tua yang bersama dengan produk asuransi  akan memproteksi Anda seumur hidup.

Emas
Emas merupakan salah satu jenis investasi yang paling populer, karena nilai dari logam mulia ini cenderung naik dari tahun ke tahun sehingga merupakan salah satu jenis investasi yang aman dan menguntungkan. Emas untuk investasi sebaiknya berupa emas batangan dan koin, bukan emas perhiasan, karena emas perhiasan akan mengalami penyusutan dari ongkos pembuatan saat hendak menjualnya. Satu-satunya resiko dari investasi emas adalah penyimpanannya karena emas dapat dengan mudah dicuri bila tidak tersimpan dengan baik.

Properti
Satu lagi investasi yang populer di Indonesia yaitu investasi properti. Menilik dari harga properti yang terus meningkat dari tahun ke tahun, masyarakat memilih untuk membeli properti dan menjualnya saat harga properti naik atau hanya sekedar menyewakan properti tersebut. Untuk investasi properti dibutuhkan dana yang cukup besar, dan untuk menjualnya kembali dibutuhkan proses yang cukup lama, namun laba yang dihasilkan dari penjualan properti juga sangat menggiurkan.

Melalui penjelasan mengenai jenis-jenis investasi ini diharapkan Anda dapat menganalisa dan menentukan jenis investasi apa yang paling sesuai untuk Anda. Dapatkan informasi sebanyak mungkin sebelum Anda mulai berinvestasi.


Di tulis oleh Alan Darmawan pada tanggal 24 April 2012 di bagian Marketing & Investasi
Alan Darmawan - Memiliki pengalaman selama 20 tahun dibidang perbankan korporasi dan asuransi, keuangan korporasi dan proyek, permodalan perusahaan, manajemen aset, asuransi jiwa, DPLK dan perencanaan keuangan pribadi. Bergabung dengan Allianz Life Indonesia pada tahun 2001-2002. Sejak Agustus 2004 menangani bidang Manajemen Investasi dan Risiko. Dari Januari 2010 - sekarang, menjabat sebagai Chief Marketing Officer.
 
Sumber: 1Saran.com
 

Sponsor Anda

Contact now

Our Services


www.yoursite.com
Asuransi Syariah Indonesia Terbaik